SOAL TIK KELAS X (MS WORD)

  1. Langkah menjalankan MS  Word yang benar adalah …


a.       Klik tombol start > Ms Office  > all program >MS Word
b.      Klik tombol start > all program > MS Word.
c.       Klik tombol start > all program > Ms word > Ms Office
d.      Klik start > dekstop > MS Word.
e.      Klik start > all program > MS Office > MS Word.


  1. Kelompok Icon – yang terdapat di dalam lingkaran diatas dinamakan ….


a.       Office button
b.      Quick aces toolbar
c.       Quick acces toolbar
d.      Quick acces tolbar
e.      Status bar



  1. Ikon hyperlink terdapat dalam menu….


a.       Inser
b.      Page layout
c.       Reference
d.       Home
e.      View



4.       Untuk mengatur ukuran kertas dan margin kita menggunakan tab menu…


a.         Page number
b.         Page setup
c.          Page paper
d.         Page layout
e.         Page colour



5.        gambar disamping dinamakan ….


a.       Font
b.      Format pointer
c.       Paragraph
d.      Style
e.      kuas



6.        
7.        gambar disamping digunakan untuk….


a.       copy
b.      Open
c.       Menyamakan format
d.      Menyamakan warna font
e.      Member warna objek



8.       Garis kecil  ini  ( l )di lembar kerja yang bergerak mengikuti mouse disebut ….


a.       Cursor
b.      Insertion point
c.       Toolbar
d.      Panah
e.      Tick



9.       Untuk memotong dokumen/naskah/objek tertentu selain dengan cara mengklik ikon cut kita juga bisa menggunakan cara memakai tombol keyboard, caranya yaitu tekan tombol....


a.         Ctrl + S
b.         Crtl + C
c.          Ctrl + x
d.         Alt + x
e.         Shift + x


10.   Untuk mengeblok satu paragraph selain dengan cara drag and drop cara lain yaitu…


a.       Double clik
b.      Klik dua kali
c.       Klik tiga kali
d.      Tekan tombol keyboard Ctrl + A
e.      Klik kanan dua kali



11.   Langkah membuat Drop cap yang benar  yaitu …
a.       Letakkan kursor pada awal paragraph > klik insert > pilih icon Drop Cap > pilih salah satu  Cap Option
b.      Letakkan kursor pada awal paragraph > klik home > pilih icon Drop Cap > pilih salah satu  Cap Option
c.       Letakkan kursor pada awal paragraph > klik insert >  pilih salah satu  Cap Option  > pilih ikon drop cap
d.      Letakkan kursor pada awal paragraph > klik reference > pilih icon Drop Cap > pilih salah satu  Cap Option
e.      Letakkan kursor pada awal paragraph > klik paragraph  > pilih icon Drop Cap > pilih salah satu  Cap Option

12.   Jarak indentasi yaitu …


a.       Jarak teks dengan tepi kertas
b.      Jarak teks satu dengan yang lainnya
c.       Jarak teks awal dengan teks paragraph kedua
d.      Jarak tab satu dengan tab berikutnya
e.      Jarak tekst terhadap margin


13.   gambar disamping dinamakan..


a.       symbol
b.      equation
c.       word art
d.      chart
e.      table



14.   Untuk menyisipkan tanggal dalam dokumen langkahnya yaitu ..
a.       Klik tab menu insert > klik date & time
b.      Klik tab menu home > klik date & time
c.       Klik tab menu insert > accecoiries > klik date & time
d.      Klik tab menu insert > properties > klik date & time
e.      Klik tab menu insert > paragragph > klik date & time

15.   Untuk membuat bingkai halaman langkah yang tepat yaitu …
a.       Letakkan kursor pada halaman yg akan dibingkai > klik page layout > klik page border
b.      Letakkan kursor pada halaman yg akan dibingkai > klik insert > klik page border
c.       Letakkan kursor pada halaman yg akan dibingkai > klik home > klik page border
d.      Letakkan kursor pada halaman yg akan dibingkai > klik edit > klik page border
e.      Letakkan kursor pada halaman yg akan dibingkai > klik view > klik page border

16.   Untuk membuat bingkai paragraph dan teks/kata urutan langkahnya yang benar yaitu…
a.       Letakkan kursor pada baris kalimat atau kata > klik tab menu home > klik border and shading > pada apply pilih teks.
b.      Letakkan kursor pada baris kalimat atau kata > klik tab menu page layout > klik border and shading > pada apply pilih teks.
c.       Letakkan kursor pada baris kalimat atau kata > klik tab menu home > klik border and shading > pada apply pilih paragraph.
d.      Letakkan kursor pada baris kalimat atau kata > klik tab menu insert > klik border and shading > pada apply pilih teks.
e.      Letakkan kursor pada baris kalimat atau kata > klik tab menu page layout > klik border and shading > pada apply pilih paragraph.

17.   Untuk dapat mengubah penampilan paragraph dokumen, kita harus menggunakan fasilitas ..


a.       Paragraph
b.      Style of paragraph
c.       Style of web
d.      Style
e.      Style of page



18.   Untuk memilih model wordArt, kita dapat menggunakan fasilitas..


a.       Insert wordArt
b.      wordArt styles
c.       shadow effect
d.      3D effect
e.      Insert list



18. Perintah Split Cell berfungsi untuk ....


a.  menggabungkan sel
b.  menggabungkan kolom
c.  membagi tabel
d.  membagi sel
e.  menggabungkan baris 



19.  gambar disamping dinamakan untuk ....


a.       Office button
b.      Quick aces toolbar
c.       Quick acces toolbar
d.      Quick acces tolbar
e.      Status bar



20.  ikon tersebut digunakan untuk ....


a. memilih hasil dokumen
b. melakukan pengamatan dokumen
c. melihat hasil mailmarge
d. mengatur penampakan mailmarge
e. mengatur posisi mailmarge



21. Pada menu margin terdapat tulisan Gutter yang berfungsi untuk mengatur ....


a. letak kertas
b. batas penjilidan
c. letak penjilidan
d.  batas kertas
e.  setting oleh komputer



22. Dalam pembuatan grafik, istilah/perintah Data Labels digunakanuntuk ....


a. menampilkan judul grafik
b. menampilkan bentuk data
c. memberi garis batas
d.  memberi garis dasar
e.  memberi bentuk  informasi



23. Superscript digunakan untuk menulis ....
a. indeks                                                          d. akar pangkat
b. nomor Urut                                               e. simbol
c. pemangkatan

24. Untuk melihat lokasi penyimpanan, kapasitas, dan status dari file yang sedang aktif dapatdilakukan melalui menu File dengan mengklik ....
a. Send to                                                       d. Print Preview
b. Page Setup                                                e. Open
c. Properties

25. Untuk menampilkan halaman dokumen dalam bentuk print preview digunakan fasilitas ....
a. Print Area                                                       d. Print Preview
b. Print Layout                                                   e. Print Setup
c. Print Screen
26. Untuk menuliskan angka 2 dalam CO2 digunakan ....
a.       superscript
b.      subscript
c.       small caps
d.      shadow
e.      strike through
27. Shortcut Keys untuk copy adalah
a.       ctrl + v
b.      ctrl +p
c.       ctrl +c
d.      ctrl +v
e.      ctrl +x
28. Perintah berikut ini merupakan jenis perataan paragraph, kecuali...
a.       left
b.      right
c.       justified
d.      centered
e.      e.vertikal
29. Untuk melakukan perubahan huruf kapital seperti "tEKNOLOGI iNFORMASI" diperlukan bantuan pada menu Change Case yaitu...
a.       Sentence case
b.      lowercase
c.       UPPERCASE
d.      Title Case
e.      tOGGEL cASE
30. Fasilitas untuk membuat tulisan di bagian margin atas dokumen disebut...
a.       Footer
b.      Header
c.       Page Number
d.      Insert File
e.      Open File
31. Fasilitas pada Microsoft Word yang berfungsi untuk mencari dan mengganti suatu teks yaitu...
a.       Print
b.      Save
c.       Goto
d.      Find
e.      Replace
32. Kotak dialog yang menyediakan lambang atau karakter khusus yang tidak terdapat pada keyboard, yaitu kotak dialog...
a.       Print Preview
b.      Hyperlink
c.       Symbol
d.      Object
e.      Print
33. Untuk menampilkan dokumen seperti tampilan yang akan tercetak,  pilih submenu...
a.       Normal
b.      Web Layout
c.       Print Preview
d.      Outline
e.      Full Screen
34. Fasilitas Split Cells digunakan untuk...
a.       membuat bingkai pada sel
b.      memberi warna latar belakang sel
c.       menggabung beberapa sel
d.      mengubah posisi arah teks
e.      membagi sel menjadi beberapa sel
35. Pengaturan ukuran halaman kertas untuk dokumen yang dibuat dapat dilakukan melalui fasilitas...
a.       Print Preview
b.      Page layaout
c.       Page Setup
d.      Paragraph
e.      Table

Soal  Isay..
1.       Bagaimanakan langkah-langkah membuat mailmarge?
2.       Bagaimana caranya membuat grafik?
3.       Bagaimana caranya mengubah halaman dari tegak lurus menjadi miring
4.       Buatkan contoh tebel dengan jumlah kolom 5 dan row/baris 7, pada baris ke pertama di atas di merge cells

5.       Bagaimana caranya membuat rumus matematika atau statistik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar